Pemilihan Metode Tutorial sebagai Media pembelajaran
Komputer merupakan jenis media yang secara virtual dapat
menyediakan respon yang segera terhadap hasil belajar yang dilakukan oleh
siswa. Lebih dari itu, komputer memiliki kemampuan menyimpan dan memanipulasi
informasi sesuai dengan kebutuhan. Perkembangan teknologi yang pesat saat ini
telah memungkinkan komputer memuat dan menayangkan beragam bentuk media di
dalamnya.
Salah satu bentuk media pembelajaran
adalah tutorial.
CD interaktif dapat
digunakan pada pembelajaran di sekolah sebab cukup efektif meningkatkan hasil
belajar siswa terutama komputer. Terdapat dua istilah dalam perkembangan CD
interaktif ini yaitu Computer Based Instructuion (CBI) dan Computer Assisted Instructuion (CAI) Sifat media ini selain interaktif
juga bersifat multi media terdapat unsur-unsur media secara lengkap yang
meliputi sound, animasi, video, teks dan grafis. Salah satu bentuk media
pembelajarannya adalah tutorial.
Tutorial (tutoring) adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat
akademik oleh tutor kepada mahasiswa.
(tutee) untuk membancu kelancaran proses belajar mandiri mahasiswa secara
perorangan atau kelompok berkaitan dengan materi ajar. Tutorial dilaksanakan
secara tatap muka atau jarak jauh berdasarkan konsep belajar mandiri.
Sejatinya metode tutorial adalah metode
pembelajaran dengan mana guru memberikan bimbingan belajar kepada siswa secara
individual. Oleh sebab itu metode ini sangat cocok diterapkan dalam model
pembelajaran mandiri seperti pada pembelajaran jarak jauh dengan mana siswa
terlebih dahulu diberi modul untuk dipelajari.
Keunggulam Metode Tutorial.
1.
Siswa memperoleh
pelayanan pembelajaran secara individual sehingga permasalahan spesifik yang
dihadapinya dapat dilayani secara spesifik pula.
2.
Seorang siswa dapat
belajar dengan kecepatan yang sesuai dengan lemampuannya tanpa harus
dipengaruhi oleh kecepatan bel;ajar siswa yang lain atau lebih dikenal dengan
istilah “Slef Paced Learning”.
Kelemahan Metode Tutorial.
1.
Sulit dilaksanakan
pembelajaran klasikal karena guru harus melayani siswa dalam jumlah yang
banyak.
2.
Jika tetap
dilaksanakan, diperlukan teknik mengajar dalam tim atau “team teaching” dengan pembagian tugas di antara anggota
tim.
3.
Apabila tutorial ini
dilaksanakan, untuk melayani siswa dalam jumlah yang banyak, diperlukan
kesabaran dan keluasan pemahamann guru tentang materi.
makasih
ReplyDelete